Sabtu, 29 Agustus 2015

💭💐🏡KEUTAMAAN BERBUAT BAIK KEPADA ANAK PEREMPUAN

🚩ﻓﻀﻞ ﺍﻹﺣﺴﺎﻥ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﺒﻨﺎﺕ

📜 Oleh : Syaikh Abdul Aziz bin Abdillah bin Baz rohimahulloh
______________________________________
🔺🔺🔺🔺

📍السؤال :

ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ :

(( ﻣﻦ ﻛﺎﻧﺖ ﻟﻪ ﺛﻼﺙ ﺑﻨﺎﺕ ﻓﺼﺒﺮ ﻋﻠﻴﻬﻦ ﻭﺳﻘﺎﻫﻦ ﻭﻛﺴﺎﻫﻦ ﻛﻦ ﻟﻪ ﺣﺠﺎﺑﺎً ﻣﻦ ﺍﻟﻨﺎﺭ )) ،

ﻫﻞ ﻳﻜﻦ ﺣﺠﺎﺑﺎً ﻣﻦ ﺍﻟﻨﺎﺭ ﻟﻮﺍﻟﺪﻫﻢ ﻓﻘﻂ ﺃﻡ ﻣﻌﻪ ﺍﻷﻡ ﻭﻋﻨﺪﻱ ﻭﻟﻠﻪ ﺍﻟﺤﻤﺪ ﺛﻼﺙ ﺑﻨﺎﺕ؟

📍الجواب :

ﻫﺬﺍ ﺍﻟﺤﺪﻳﺚ ﺃﺧﺮﺟﻪ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺃﺣﻤﺪ ﻭﺍﺑﻦ ﻣﺎﺟﻪ ﺑﺈﺳﻨﺎﺩ ﺻﺤﻴﺢ ﻋﻦ ﻋﻘﺒﺔ ﺑﻦ ﻋﺎﻣﺮ ﻗﺎﻝ : ﺳﻤﻌﺖ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻳﻘﻮﻝ:

(( ﻣﻦ ﻛﺎﻥ ﻟﻪ ﺛﻼﺙ ﺑﻨﺎﺕ ﻓﺼﺒﺮ ﻋﻠﻴﻬﻦ ﻭﺃﻃﻌﻤﻬﻦ ﻭﺳﻘﺎﻫﻦ ﻭﻛﺴﺎﻫﻦ ﻣﻦ ﺟﺪﺗﻪ ﻛﻦ ﻟﻪ ﺣﺠﺎﺑﺎً ﻣﻦ ﺍﻟﻨﺎﺭ ﻳﻮﻡ ﺍﻟﻘﻴﺎﻣﺔ )) [1] ،

ﻭﻫﺬﺍ ﻳﺪﻝ ﻋﻠﻰ ﻓﻀﻞ ﺍﻹﺣﺴﺎﻥ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﺒﻨﺎﺕ ﻭﺍﻟﻘﻴﺎﻡ ﺑﺸﺌﻮﻧﻬﻦ؛ ﺭﻏﺒﺔً ﻓﻴﻤﺎ ﻋﻨﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﺰ ﻭﺟﻞ ﻓﺈﻥ ﺫﻟﻚ ﻣﻦ ﺃﺳﺒﺎﺏ ﺩﺧﻮﻝ ﺍﻟﺠﻨﺔ ﻭﺍﻟﺴﻼﻣﺔ ﻣﻦ ﺍﻟﻨﺎﺭ .

ﻭﻳﺮﺟﻰ ﻟﻤﻦ ﻋﺎﻝ ﻏﻴﺮ ﺍﻟﺒﻨﺎﺕ ﻣﻦ ﺍﻷﺧﻮﺍﺕ ﻭﺍﻟﻌﻤﺎﺕ ﻭﺍﻟﺨﺎﻻﺕ ﻭﻏﻴﺮﻫﻦ ﻣﻦ ﺫﻭﻱ ﺍﻟﺤﺎﺟﺔ ﻓﺄﺣﺴﻦ ﺇﻟﻴﻬﻦ ﻭﺃﻃﻌﻤﻬﻦ ﻭﺳﻘﺎﻫﻦ ﻭﻛﺴﺎﻫﻦ ﺃﻥ ﻳﺤﺼﻞ ﻟﻪ ﻣﻦ ﺍﻷﺟﺮ ﻣﺜﻞ ﻣﺎ ﺫﻛﺮ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻓﻲ ﺣﻖ ﻣﻦ ﻋﺎﻝ ﺛﻼﺙ ﺑﻨﺎﺕ، ﻭﻓﻀﻞ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺍﺳﻊ ﻭﺭﺣﻤﺘﻪ ﻋﻈﻴﻤﺔ،

ﻭﻫﻜﺬﺍ ﻣﻦ ﻋﺎﻝ ﻭﺍﺣﺪﺓ ﺃﻭ ﺍﺛﻨﺘﻴﻦ ﻣﻦ ﺍﻟﺒﻨﺎﺕ ﺃﻭ ﻏﻴﺮﻫﻦ ﻓﺄﺣﺴﻦ ﺇﻟﻴﻬﻦ ﻳﺮﺟﻰ ﻟﻪ ﺍﻷﺟﺮ ﺍﻟﻌﻈﻴﻢ ﻭﺍﻟﺜﻮﺍﺏ ﺍﻟﺠﺰﻳﻞ، ﻛﻤﺎ ﻳﺪﻝ ﻋﻠﻰ ﺫﻟﻚ ﻋﻤﻮﻡ ﺍﻵﻳﺎﺕ ﻭﺍﻷﺣﺎﺩﻳﺚ ﻓﻲ ﺍﻹﺣﺴﺎﻥ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻔﻘﻴﺮ ﻭﺍﻟﻤﺴﺎﻛﻴﻦ ﻣﻦ ﺍﻷﻗﺎﺭﺏ ﻭﻏﻴﺮﻫﻢ،

ﻭﺇﺫﺍ ﻛﺎﻥ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻔﻀﻞ ﻓﻲ ﺍﻹﺣﺴﺎﻥ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﺒﻨﺎﺕ ﻓﺎﻹﺣﺴﺎﻥ ﺇﻟﻰ ﺍﻷﺑﻮﻳﻦ ﺃﻭ ﺃﺣﺪﻫﻤﺎ ﺃﻭ ﺍﻷﺟﺪﺍﺩ ﺃﻭ ﺍﻟﺠﺪﺍﺕ ﺃﻋﻈﻢ ﻭﺃﻛﺜﺮ ﺃﺟﺮﺍً؛ ﻟﻌﻈﻢ ﺣﻖ ﺍﻟﻮﺍﻟﺪﻳﻦ ﻭﻭﺟﻮﺏ ﺑﺮﻫﻤﺎ ﻭﺍﻹﺣﺴﺎﻥ ﺇﻟﻴﻬﻤﺎ، ﻭﻻ ﻓﺮﻕ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﺑﻴﻦ ﻛﻮﻥ ﺍﻟﻤﺤﺴﻦ ﺃﺑﺎً ﺃﻭ ﺃُﻣًّﺎ ﺃﻭ ﻏﻴﺮﻫﻤﺎ؛ ﻷﻥ ﺍﻟﺤﻜﻢ ﻣﻨﺎﻁ ﺑﺎﻟﻌﻤﻞ، ﻭﺍﻟﻠﻪ ﻭﻟﻲ ﺍﻟﺘﻮﻓﻴﻖ .

[1] ﺃﺧﺮﺟﻪ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺃﺣﻤﺪ ﻓﻲ ﻣﺴﻨﺪ ﺍﻟﺸﺎﻣﻴﻴﻦ ﻣﻦ ﺣﺪﻳﺚ ﻋﻘﺒﺔ ﺑﻦ ﻋﺎﻣﺮ ﺍﻟﺠﻬﻨﻲ، ﺑﺮﻗﻢ 61762 ، ﻭﺍﺑﻦ ﻣﺎﺟﻪ ﻓﻲ ﻛﺘﺎﺏ ﺍﻵﺩﺍﺏ، ﺑﺎﺏ ﺑﺮ ﺍﻟﻮﺍﻟﺪ ﻭﺍﻹﺣﺴﺎﻥ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﺒﻨﺎﺕ، ﺑﺮﻗﻢ .3659

🔐📄www.binbaz.org.sa/node/3425
______________________________________

📍Pertanyaan :

Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam bersabda :

“Barangsiapa memiliki tiga orang anak perempuan, lalu ia bersabar atas mereka dan memberi mereka makan serta pakaian, maka mereka akan menjadi hijab baginya dari api neraka”

Apakah mereka menjadi hijab dari api neraka bagi ayahnya saja? ataukah ibunya juga? Alhamdulillah saya memiliki tiga orang anak.

📍Jawaban :

📝 Hadits ini diriwayatkan oleh al-Imam Ahmad dan Ibnu Majah dengan sanad shohih dari ‘Uqbah bin ‘Amir, ia berkata: aku mendengar Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam bersabda:

ﻣﻦ ﻛﺎﻥ ﻟﻪ ﺛﻼﺙ ﺑﻨﺎﺕ ﻓﺼﺒﺮ ﻋﻠﻴﻬﻦ ﻭﺃﻃﻌﻤﻬﻦ ﻭﺳﻘﺎﻫﻦ ﻭﻛﺴﺎﻫﻦ ﻣﻦ ﺟﺪﺗﻪ ﻛﻦ ﻟﻪ ﺣﺠﺎﺑﺎً ﻣﻦ ﺍﻟﻨﺎﺭ ﻳﻮﻡ ﺍﻟﻘﻴﺎﻣﺔ

“Barangsiapa memiliki tiga orang anak perempuan, lalu ia bersabar atas mereka dan memberi mereka makan dan minum serta pakaian dari hasil usahanya, maka mereka akan menjadi hijab baginya dari api neraka pada hari kiamat.” [HR. al-Imam Ahmad dalam musnad asy-Syamiyyin dari hadits ‘Uqbah bin ‘Amir al-Juhani no. 61762 dan Ibnu Majah dalam kitab al-Adab, bab Birrul Walid wal Ihsan ilal Banat no. 3659]

🌷 Hadits ini menunjukkan keutamaan berbuat baik kepada anak perempuan dan mengurusi kondisi mereka, dengan mengharap ganjaran di sisi Alloh azza wa jalla. Sesungguhnya hal tersebut adalah diantara sebab seseorang dimasukkan ke surga dan diselamatkan dari neraka.

🌷 Dan diharapkan pula bagi orang yang mengasuh/menanggung selain anak perempuan kandung, seperti saudara perempuan, bibi dari ayah, bibi dari ibu, dan yang selainnya yang membutuhkan, lalu ia berbuat baik kepada mereka dengan memberinya makan, minum dan pakaian, diharapkan mereka juga akan mendapatkan ganjaran seperti yang disebutkan oleh Nabi shollallohu alaihi wa sallam tentang orang yang mengasuh tiga orang anak perempuan. Dan keutamaan Alloh itu luas dan rahmat-Nya sangatlah besar.

🌷 Demikian pula orang yang mengasuh seorang atau dua orang anak perempuan atau selain itu, kemudian ia berbuat baik kepada mereka, diharapkan mereka juga akan mendapatkan ganjaran dan pahala yang besar, sebagaimana hal tersebut ditunjukkan oleh keumuman ayat-ayat dan hadits-hadits tentang berbuat baik kepada orang faqir dan miskin dari kalangan kerabat dan selain mereka.

✅ Dan jika keutamaan ini adalah dalam hal berbuat baik kepada anak perempuan, maka sesungguhnya berbuat baik kepada kedua orang tua atau salah seorang dari mereka atau kakek atau nenek, ganjarannya akan lebih besar dan lebih banyak karena besarnya hak orang tua dan wajibnya berbakti dan berbuat baik kepada keduanya. Dan tidak ada bedanya dalam hal tersebut apakah yang berbuat baik itu sebagai ayah ataukah ibu atau yang selainnya, karena hukumnya (ganjarannya) tergantung pada perbuatannya. Wallohu waliyyut taufiiq.
______________________________________

✍ Syabab Ashhabus Sunnah

🌏 www.ittibaus-sunnah.net
◉  ◈  ◉  ◈  ◉  ◈  ◉  ◈  ◉  ◈  ◉
📌 أصحاب السنة
⭐ASHHABUS SUNNAH✪

🎀 مجموعة روضة الأطفال🎀

Tidak ada komentar:

Posting Komentar