Minggu, 29 November 2015

Pelajaran TK A : Tarikh Ke-3

👣⚽👣⚽👣⚽👣⚽👣⚽👣

بسم الله الرحمن الرحيم

〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
Pelajaran Tarikh 
Untuk TK Kelas A

Kisah Nabi Yusuf 'alaihissalam

📢 Assalamualaikum yaa bunayya..
Kayfa haalukum..Khoir❓
Alhamdulillah..

🎀 Yaa bunayya tetaplah semangat yah dalam menuntut ilmu..

👍🏻 Baarakallahu fiikum..

💐 Alhamdulillah..hari ini kita masih di perkenankan untuk berjumpa kembali..hari ini ammah akan bercerita tentang kisah Nabiyullah Yusuf 'alaihissalam..

Masih ingatkah bunayya dengan kisah nabi Ya'kub 'alaihissalam❓
Na'am..nabi Ya'kub 'alaihissalam adalah ayahanda dari nabi Yusuf 'alaihissalam.

Kisah ini akan ammah awali dengan mimpi nabi Yusuf 'alaihissalam..

👣 Pada suatu malam ketika Yusuf masih kecil, ia bermimpi dengan mimpi yang menakjubkan. Ia bermimpi melihat sebelas bintang ⭐, matahari ☀, dan bulan 🌙 bersujud kepadanya. Ketika ia bangun, maka ia langsung mendatangi ayahnya, Nabi Ya’qub ‘alaihissalam menceritakan mimpinya itu. Ayahnya pun langsung memahami takwilnya, dan bahwa akan terjadi pada anaknya suatu urusan yang besar. Maka ayahnya segera mengingatkan Yusuf agar tidak menceritakan mimpinya itu kepada saudara-saudaranya yang nantinya setan akan merusak hubungan mereka dan berhasad kepadanya atas pemberian Allah itu. Yusuf pun menaati saran ayahnya.

💐 Nabi Ya'kub 'alaihissalam sangat sayang kepada Yusuf dan saudara kandungnya Bunyamin. Tak seorangpun yang mendapatkan kasih sayang seperti itu dari nabi Ya'kub 'alaihissalam..
🔥 Muncullah sifat dengki pada hati saudara-saudara Yusuf. Mereka marah.

Pada suatu hari, saudara-saudara Yusuf berkumpul untuk mengadakan musyawarah. Seperti tertera pada QS. Yusuf : 9 yang artinya : " bunuhlah Yusuf, atau buanglah dia ke suatu tempat agar perhatian ayah tertumpah kepadamu, dan setelah itu kamu menjadi orang yang baik."

🔥 Kemudian seorang di antara mereka berkata, "janganlah kamu membunuh Yusuf, tetapi masukkan saja dia ke dasar sumur agar dia dipungut oleh sebagian musafir, jika kamu hendak berbuat."
QS. Yusuf : 10
🌾 Dan mereka pun setuju dengan usul tersebut, serta sepakat untuk menjalankan rencana tersebut.
Mereka pun mendatangi nabi Ya'kub 'alaihissalam, mereka meminta ijin untuk mengajak Yusuf. Mereka berkata kepada sang ayah "wahai ayah kami, mengapa engkau tidak mempercayai kami terhadap Yusuf, padahal sesungguhnya kami semua menginginkan kebaikan baginya."
"Biarkanlah dia pergi bersama kami besok pagi, agar dia bersenang-senang dan bermain-main, dan kami pasti menjaganya." QS. Yusuf : 11 - 12

💐 Namun nabi Ya'kub sangat mengkhawatirkan hal tersebut, walaupun pada akhirnya nabi Ya'kub 'alaihissalam mengijinkan Yusuf untuk bermain bersama mereka.

🌾 Saudara-saudara Yusuf sangat gembira, manakala nabi Ya'kub 'alaihissalam mengijinkan Yusuf pergi bersama mereka.
🔥 Mereka pun menjalankan rencana mereka, mereka memasukkan Yusuf ke dalam sumur. Jahat ya bunayya saudara-saudaranya Yusuf. Mereka tidak kasihan kepada Yusuf yang masih kecil serta ayah mereka nabi Ya'kub 'alaihissalam yang sudah tua. Sumur itu dalam dan gelap sedangkan Yusuf sendirian didalamnya..maa sya Allah.

💐 Akan tetapi Allah berkata kepada Yusuf, "Janganlah kamu sedih dan takut. Sesungguhnya Allah bersama kamu."

🔥 Setelah rencana jahat mereka terlaksana, mereka pun datang menghadap sang ayah sambil menangis, (ummah memperlihatkan wajah sedih dengan suara menangis sambil pura-pura menghapus air mata) mereka berkata "wahai ayah kami, sesungguhnya kami pergi berlomba dan kami tinggalkan Yusuf di dekat barang-barang kami, lalu dia dimakan serigala, dan engkau tentu tidak akan percaya kepada kami, sekalipun kami berkata benar." QS. Yusuf : 17

🔥 Dan mereka datang dengan membawa baju gamisnya yang berlumuran darah palsu.
Lalu nabi Ya'kub 'alaihissalam berkata, "Sebenarnya hanya dirimu sendirilah yang memandang baik urusan yang buruk itu; maka hanya bersabar itulah yang terbaik bagiku. Dan kepada Allah saja memohon pertolongan Nya terhadap apa yang kamu ceritakan." (QS. Yusuf : 18)

💐 Demikianlah yaa bunayya, perbuatan saudara-saudara Nabi Yusuf 'alaihissalam yang tidak menunjukkan kasih sayang terhadap adiknya, dan kedustaan mereka ketika menyampaikan berita tentang Yusuf 'alaihissalam kepada ayahnya bahwa dia(Yusuf) telah dimakan serigala.

InsyaAllah kita lanjutkan pekan depan yah bunayya

Jadilah bunayya anak yang sabar dan penyayang terhadap saudara kalian, jangan lah kalian bermusuhan, karena itu merupakan sifat syaithan laknatullah..
Wallahul musta'an..

👍🏻 Baarakallahu fiik

📑 Metode Pembelajaran :
📌 Muraja'ah kisah sebelumnya
📌 Bercerita bukan membaca, usahakan sudah menguasai materi cerita
📌 Sertakan intonasi suara semisal ketika marah, sedih serta gembira sesuai alur cerita
📌 Bawalah ananda selalu semangat dalam keridhaan Allah Subhanahu wa ta'ala

📢 Selamat bercerita

📚 Disusun oleh ummu Suhail diambil dari Al Qur'an dan beberapa sumber

سبحانك اللهم وبحمدك أشهدأن لا إله إلا أنت أستغفرك و أبو ب إليك

🎀 مجموعة روضة الأطفا 🎀

Baarakallahu fiikum..

📮 Bagi yang ingin mengambil faedah yang telah lalu dari grup RA antunna dapat mengunjungi blog kami :

💻 http://tamananakshalih.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar